ANALISA
SWOT
SWOT adalah singkatan dari:
- S = Strength (kekuatan).
- W = Weaknesses (kelemahan).
- O = Opportunities (Peluang).
- T = Threats (hambatan).
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats)
dalam suatu proyek atau
suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik
dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat
dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses ini
melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara
menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths)
mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat
ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
A. Penjelasan komponen analisis SWOT,
yaitu :
a. Strenght (S)
Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun
kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat
ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan
atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan
dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di
dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi
segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih
maju.
b. Weaknesses (W)
Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun
kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada
saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan
ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu
perusahaan atau organisasi.
c. Opportunity (O)
Yaitu analisis peluang, situasi atau
kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan
memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah
untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan
ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan
datang.
d. Threats (T)
Yaitu analisis ancaman, cara
menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan
ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak
menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan
kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi
penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa
yang akan datang.
B. Manfaat analsis SWOT
Metode analisis SWOT
bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk
melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda.
Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk
mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang
ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan
dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang
terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi,
analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis
strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan
yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak
ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Berikut
adalah contoh SWOT Perusahan Nokia
1.
Strengths (Kekuatan)
§ Pengalaman
Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia
mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan
ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.
§ Jaringan
Terbesar Penjualan & Distribusi
Nokia merupakan brand yang telah melekat
di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat di
butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada terbesar
penjualan dan distribusinya.
§ Hubungan
Pelanggan yang Kuat
Bicara brand NOKIA maka hampir seluruh
dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti susah
untuk pindah ke lain hati.
§ Berbagai
Macam Produk untuk Semua Kelas
Tidak hanya sebatas hubungan pelanggan
yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai macam produk yang
sesuai kelas.
2.
Weaknesses (Kelemahan)
§ Kurang
Gaya Dalam Produk Murah
Memang sudah wajar, harga menentukan
sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana
produk China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan
harga yang sangat murah.
§ Kehilangan
Pangsa Pasar
Untuk saat ini Nokia
memang telah kehilangan pasarnya setelah symbian tidak lagi update, lalu di
akuisisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
3.
Opportunities (Kesempatan)
§ Pertumbuhan
Pasar Baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru,
yaitu handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk
berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4. Threats
(Ancaman)
§ Ponsel
China
Ponsel China merupakan suatu ancaman
yang sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang cukup hampir sama,
mereka berani menjual dengan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang
harga.
§ Pesaing
Seperti Samsung & Apple
Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia memang
tiada tandingannya dalam hal ponsel, karena memang memberikan setiap kebutuhan
para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia (khususnya
Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut statistik penjualannya:
Penjualan Nokia, Samsung, dan Apple
Referensi :
http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis-swot/